PKM Long Journey (Part 2)


XI AP 2

Sebenernya ini kelas pertama yang gue masukin waktu pertama kali dateng ke sekolah ini. Tapi itu cuma perkenalan singkat dan nggak sampe lima menit di dalem kelas gue udah keluar lagi. Setelah itu yaa ini kelas kedua yang gue ajar setelah kelas AP 1. Kesan pertama yang gue dapet dari kelas ini adalah………… super berisik! Parah, gue nggak ngerti lagi anak-anak di kelas ini pada makan apaan sehari-harinya sampe aktif banget nggak bisa diem. Pas pertama masuk kelas ini dengan niat ngajar, ada sesuatu yang bikin gue kayak… aish! bisa nggak sih gausah ganggu dulu? Can you give me a little chance with them? Sampe akhirnya gue yang emang masih baru dan belum ngerti harus gimana, terlihat seperti orang yang hopeless pada pertemuan pertama karena kesalahan yang gue sendiri nggak habis pikir kenapa bisa-bisanya kayak gitu…..di kelas! Sebagian dari kalian yang baca ini mungkin paham apa yang gue maksud dan gimana bisa jadi kayak gitu, but I won’t explain you more than this.
Skip, setelah hari itu Alhamdulillah semuanya kembali baik-baik aja meskipun yaaa anak-anak ini masih susah banget di suruh diem pas pelajaran. Jumlah mereka sedikit lebih banyak dari anak AP 1, jadi wajar aja kalau suasananya lebih rame. Meskipun berisik, mereka masih bisa diajak kerja sama setiap gue monitoring sama dosen karena kebetulan jadwal monitoring gue selalu di kelas mereka. Yang tadinya kelas lebih rame dari pasar, seketika semua pada nurut dan diem begitu dosen dan guru pamong masuk kelas. Mereka ngikutin pelajaran dengan baik, aktif menjawab setiap pertanyaan yang gue ajuin. Kadang gue suka berharap ada monitoring aja setiap minggu di kelas mereka, karena cuma pas ada dosen aja mereka merhatiin pelajaran dengan baik dan jadi anak nurut. Selain itu, susah banget minta mereka diem sebentar merhatiin pelajaran dan harus ekstra sabar lahir batin. Huhuhu sedih sebenernya. Meskipun begitu, gue tetep sayang mereka sebagaimana gue sayang sama murid-murid yang lain. Karena ada saat dimana mereka memang jadi anak baik yang nurut dan mau dengerin apa yang gue jelasin, dan itu udah lebih dari cukup buat gue. Thank you guys!
Nah, selain ngajar di kelas gue juga lumayan sering jagain kelas mereka di hari gue piket kalau kebetulan ada jam kosong. And to be honest, itu lebih sulit daripada harus ngajar. Keaktifan mereka jadi berkali lipat lebih rame dan yang pasti makin susah buat dibilangin. Trus juga mereka tuh kelakuannya adaa aja yang bikin gue mikir, “Perasaan kelas gue dulu waktu sekolah nggak gini-gini amat dah, padahal dulu sering dibilang kelas paling berisik sama guru.” Meskipun gitu gue juga kadang suka seneng lihat mereka akrab satu sama lain daripada diem-deiman kayak orang musuhan, yaa walaupun terlalu ribut juga sih jadinya bikin pusing kepala. Tapi karena itu juga gue jadi lebih kenal mereka buat diceritain kayak gini. Yuk, langsung mulai aja.
Adit, dia ini cowok yang nggak banyak omong selama di kelas. Anaknya baik, nggak macem-macem dan nggak berisik juga. Kalau dalam pelajaran, dia termasuk anak yang nurut, meskipun kalau malesnya lagi muncul suka tidur di kelas. Tapi selain itu dia rajin kok, selalu ngerjain tugas yang dikasih, dan nilainya juga lumayan bagus. Hmmm apalagi ya? Adit ini nggak banyak tingkah selama gue kenal dia, makanya rada bingung juga jelasinnya. Yaudah, Adit, lebih aktif lagi ya kalau di kelas. Jangan suka males-malesan, lebih semangat lagi belajarnya. Bon courage!
Alisya, salah satu anak yang ramah banget sejak pertama kali gue dateng ke sekolah ini. Selalu nyapa kalau ketemu, ngajakin ngobrol kalau gue lagi piket sendirian, sampe curhat-curhatan bareng. Dari situ kita jadi lumayan deket sampe sering ceng-cengan segala macem. Alisya juga anak yang nurut kalau di kelas. Selalu semangat belajar dan kalau nggak ngerti selalu tanya dan minta gue buat jelasin ulang. Dia juga rajin ngerjain tugas meskipun kadang suka terlambat ngumpulin, but it’s okay. Dia ini suka banget kalau gue ngomong “minuit” dan selalu minta gue ucapin kata itu kalau ketemu, bahkan minta gue vn ngomong itu doang-_-. Semangat terus ya, Alisya. Jangan sedih nanti kita ketemu lagi, kok.
Cahaya, dia murid yang selalu paling semangat belajar kalau di kelas. Seneng banget kalau dia ada pas gue monitoring, karena dia sangat membantu gue supaya kelas terlihat aktif. Anaknya juga ramah banget, baik, dan rajin juga ngerjain tugas-tugas. Nilai-nilainya dia juga nggak pernah ngecewain. Tapi akhir-akhir ini Cahaya jarang masuk sekolah. Gue juga jarang banget sekarang ketemu Cahaya huhu. Dia ini ceriwis banget kalau ketemu selalu ngajak gue ngobrol bareng Alisya dan yang lainnya. Merci ya, Cahaya. Tingkatin lagi rajinnya, jangan sering nggak masuk sekolah lagi. Bon courage!
Melva, salah satu anak yang juga nggak kalah semangat belajar selama di kelas. Dia ini termasuk anak yang aktif dan rajin. Melva selalu bisa menjawab apapun yang gue tanyain seputar pelajaran, meskipun kadang masih suka gue bantuin tapi masih mau usaha menjawab dengan benar. Dia juga anaknya baik banget, ramah, dan nggak banyak tingkah selama di kelas. Melva kalau kemana-mana itu selalu bareng sama Alisya dan dua anak lainnya juga. Makanya dia juga selalu jadi temen ngobrol gue kalau lagi piket. Je te remercie, Melva. Lebih semangat ya belajarnya. Bon courage!
Dahliah, yang selalu aktif kalau di kelas dan yang juga lumayan cepet paham materi yang gue jelasin. Dahliah ini meskipun kadang suka tidur kalau di kelas, dia selalu bisa jawab pertanyaan yang gue kasih. Dia anaknya rajin dan nilai-nilainya juga selalu bagus. Kalau pagi Dahliah langganan nyuciin gelas-gelas kotor di ruang guru karena sering banget telat wkwk. Selain itu, dia punya suara yang bagus apalagi kalau nyanyi dangdut, ya? Hahaha ini pak Sukiyar yang bilang. lho. Anaknya juga baik selalu nurut trus selalu bantuin aktif juga kalau lagi monitoring huhu. Merci beaucoup, Dahliah. Lebih rajin lagi, yah. Jangan telat terus wkwk. Bonne chance!
Dedi, yang menganggap dirinya sebagai Dilan kw super. Dia punya banyak panggilan kayak idung/dedi/atau dilan (ini dia sendiri yang nyebut-__-). Dedi ini salah satu yang sering berisik di kelas, ada aja ulahnya setiap hari. Sering banget tidur kalau pas pelajaran dan kadang suka nanya hal-hal nggak jelas yang nggak pernah dipikirin orang lain. Tapi kalau dia lagi rajin kadang suka nyatet atau jawabin pertanyaan meskipun kadang suka ngasal. Tulisannya astagfirullah butuh mata batin supaya bisa bacanya, campuran antara aksara jawa/tulisan kitab sansekerta/dan tulisan Thailand. Bangga banget rasanya kalau bisa baca tulisannya dia dalam waktu singkat huhuhu. Lebih rajin lagi ya, Dedi. Kurang-kurangin tingkahnya. Bon courage!
Dimas, ini anak sering banget nggak masuk nih kalau pas pelajaran gue. Sekalinya masuk pasti tidur di kelas, huft. Susah banget kalau disuruh nyatet apalagi jawabin pertanyaan. Dia rajinnya kalau pas monitoring doang, itu juga karena ada Madame sama Pak Sigit aja. Ini nih yang bikin gue mau monitoring ajaa setiap minggu hadeeeh. Tapi tetep aja kalau nyatet mah hampir nggak pernah. Lebih rajin lagi ya, Dimas. Jangan males-malesan terus. Bon courage!
Elang, anak yang paling sering banget godain gue dari awal masuk hadeeeeh pusing! Dia lumayan rajin kalau di kelas tapi kadang juga suka tidur. Tapi giliran gue kasih pertanyaan seputar materi yang abis gue jelasin, susah banget disuruh jawab doang. Elang baik kok anaknya, tapi yaa harus tahan sama gombalan recehnya yang kadang bikin sakit kepala haha. Semangat belajarnya ya, Elang. Bon courage!
foto unyu nih, Lang!
Excelly, cewek cantik yang hobi banget dandan di kelas. Peralatan make-upnya lengkap banget cui kayaknya sampe dibawa semua ke sekolah, gue kalah jauh bgttt huhuhu. Dia ini sebenernya pinter, trus rajin juga tapi kalau lagi males yaa gitu suka tidur pas pelajaran. Kalau disuruh nyatet juga alesannya selalu nggak bawa buku catetan tapi untungnya rajin selalu ngumpulin tugas yang gue minta. Excelly ini termasuk anak yang aktif, sering jawabin pertanyaan yang gue kasih dan nggak ragu buat nanya kalau ada yang nggak dia paham. Lebih rajin lagi belajarnya ya, Excelly. Buku catetannya jangan lupa dibawa. Bonne chance!
Gehenzel, salah satu anak yang paling berisik. Dia ini termasuk sumber keributan juga di kelas hadeeeeeh adaa aja kelakuannya dan susah banget diatur. Tapi kalau lagi mood belajar, dia lumayan cepet pahamin materi pelajaran kok. Gehenzel juga suka aktif jawabin pertanyaan yang gue kasih seputar materi. Cuma yaaa gitu, harus sabar-sabar jiwa dan raga ngadepin tingkah laku anak ini yang suka seenaknya sendiri. Gehenzel, lebih serius lagi ya belajarnya. Lebih nurut lagi sama guru yang ngajar di kelas. Bonne chance!
Akbar, ini juga salah satu yang sering banget godain gue atau siapapun huh ampoon dah! Akbar nih jarang masuk kalau pas pelajaran gue, untungnya dia anak yang lumayan cepet juga pahamin materi pelajaran. Kalau pas lagi masuk, dia juga termasuk yang sering aktif di kelas meskipun kadang omongannya suka ngeselin wkwk. Dia nih suka iseng manggil-manggil kalau gue lagi di meja piket sendirian, nanya yang nggak penting juga. Lebih rajin lagi sekolahnya, Akbar. Semangat belajarnya. Bon courage!
Lewi, dia nih yang jarang banget masuk sekolah. Tapi kalau ketemu kadang suka nanya, “Bu, kok kalau Sabtu jarang masuk ngajar?” padahal dianya aja yang jarang masuk. Ngeselin nggak, tuh? Lewi kalau masuk sekolah juga seringnya males-malesan di kelas, susah disuruh nyatet, izin ke toilet mulu padahal mau jajan di kantin -_-. Dia juga lumayan susah kalau disuruh ngerjain tugas meskipun kadang akhirnya ngumpulin juga. Kadang dia juga yang berisik di kelas, suka jahilin temen-temennya. Pernah juga dia pake liptint sampe bibirnya merah merona hadeeeh nggak ngerti lagi akutuu. Sekolahnya yang rajin ya, Lewi. Jangan males-malesan teruus. Bonne chance!
Michelle, cewek cantik yang juga suka dandan di kelas kayak Excelly wkwk. Michelle anaknya baik, trus ramah juga sama gue. Dia kadang kalau di kelas suka tidur, dan kalau nanya dia harus super sabar ngajarin pelan-pelan sampe dia bisa jawab. Tapi dia lumayan rajin ngerjain tugas meskipun kadang suka dibantuin temennya dan telat ngumpulin. Dia juga lumayan sering nyatet materi kalau lagi nggak males dan tidur haha. Kurangin males-malesannya ya, Michelle. Bonne chance!
Nurjaya, ini juga salah satu rombongan yang jarang masuk kalau hari Sabtu. Jaya ini sebelas duabelas sama Dimas, kalau pun masuk juga nggak jauh-jauh pasti tidur. Dari yang gue perhatiin juga dia kayaknya nggak pernah nyatet, nggak tau punya buku catetan atau nggak. Kalau pas monitoring aja dia di kelas cuma diem dengerin, giliran ditanya harus dibantu dulu baru bisa jawab hadeeeh. Lebih rajin lagi ya, Nurjaya! Bon courage!
Rafi, yang suka membanggakan diri sebagai ketua osis tapi jarang masuk sekolah. Dia nih sekalinya masuk tapi jarang banget nyatet. Kalau diminta jawab pertanyaan atau diminta lebih serius merhatiin pelajaran adaaa aja alesannnya, heran! Rafi nih hobi banget foto kayaknya, sering banget maksa orang biar foto bareng dia dan kadang suka foto orang diem-diem juga hih dasar paparazzi. Setiap baru dateng ke sekolah kalau ada guru di meja piket sering banget nyapa dengan sok keren, “Hello, good morning everybadeh!” Dia juga sekarang lagi pamer banget gara-gara behel baru, makanya kalau foto suka nyengir nunjukin behel barunya dia, duh ampun dah! Rafi yang rajin ya sekolahnya. Lebih serius lagi kalau belajar. Bonne chance!
Rahma, cewek cantik yang kalau pas pelajaran kebanyakan diemnya. Kalau nggak ditanya dieem aja nggak mau ikutan jawab, dan pas gue tanya langsung juga jawabnya pelan banget huhu (iya suara gue juga pelan-_-). Dia juga sering tidur di kelas, tapi untungnya Rahma lumayan rajin, dia selalu ngerjain tugas yang gue kasih dan nilai-nilainya juga lumayan bagus. Duduknya selalu di belakang, gue hampir nggak pernah liat dia duduk di depan gatau kenapa. Lebih aktif lagi, ya, Rahma. Semangat belajarnya. Bon courage!
Rama, ini anak yang termasuk sering merhatiin pelajaran dengan baik. Dia juga selalu jawab kalau gue tanya seputar pelajaran, tapi giliran disuruh nulisin jawaban di papan tulis susahnya minta ampun dah. Tapi yaa kayak anak yang lainnya dia juga kadang suka berisik dan kelakuannya adaa aja yang bikin pusing, sama kayak Lewi, pernah pake liptint di kelas dan hasilnya bibir dia lebih merah merona dari Lewi huft lelah! Untungnya dia rajin kalau ngerjain tugas dan nilai-nilainya dia lumayan bagus kok. Semangat terus belajarnya ya, Rama. Bon courage!
Syahnatul, si imut-imut yang biasa dipanggil Uni. Suaranya cempreng mempesona wkwk dan sering banget teriak-teriak hadeeh rame banget anaknya tuuh. Uni ini juga salah satu yang sering ngajakin gue ngobrol bareng Melva sama Alisya, sampe kadang suka ceng-cengin siapapun. Kalau di kelas Uni lumayan rajin: nyatet terus, ngerjain tugas, trus juga kalau gue tanya mau jawab dengan benar meskipun kadang suka ketawa-ketawa di belakang bareng Melva. Dia anaknya Pak Sukiyar banget, sampe manggilnya aja Papi haha. Kadang gue suka ngecengin Uni sama anak kelas 12, tapi sok-sokan cuek hmmmm malah ngecengin balik. Semangat terus, Uni! Bon courage!
Melva, Uni, Alisya
Tiur, si cantik kesayangannya anak kelas sebelah wkwk. Tiur ini termasuk anak yang selalu merhatiin pelajaran dengan baik dan cepet pahamin pelajaran yang gue jelasin. Dia pinter, anaknya juga baik banget, trus ramah juga kalau ketemu selalu senyum. Kalau di kelas dia anaknya aktif, rajin, dan belajarnya semangat makanya cepet ngerti. Pas ditanya juga selalu bisa jawab dengan benar. Kadang dia kalau kemana-mana bareng sama si “anak kelas sebelah” itu, duduk berdua di koridor hmm langgeng terus yah haha. Semangat terus belajarnya, Tiur! Bonne chance!
ciway-ciway AP 2
Meskipun mereka nggak sebanyak jumlah murid pada umumnya dalam satu kelas, rasanya tetep sama aja kayak ngajar kelas yang isinya ada 30-an anak. Ributnya, berisiknya, ocehannya itu yang bikin suasana kelas ini selalu rame meskipun kadang caranya salah. Lagi-lagi mereka juga ngajarin dan ngasih gue banyak banget pelajaran yang nggak akan gue dapet dimana pun. Sebandel apapun, se-ngeselin gimana pun, mereka tetep anak-anak gue yang luar biasa. Masing-masing dari mereka punya caranya sendiri biar gue kenal mereka lebih dalam untuk bisa diceritain kayak gini. Meskipun kadang gue suka kesel, marah-marah, atau jutekin mereka bahkan hampir bikin gue mau nangis karena kelakuan mereka (plis, ini gapernah gue ceritain ke siapapun hihi) gue seneng banget dapet kesempatan untuk jadi guru mereka walaupun cuma sebentar. I feel so loved there!
Rakyat AP 2-ku, maaf yah kalau selama jadi guru kalian saya belum bisa ngasih contoh yang baik. Saya minta maaf kalau belum bisa buat kalian ngerti materi yang saya ajar. Maafin saya yang sering jutekin kalian kalau lagi kesel dan kesalahan-kesalahan yang disengaja atau pun nggak. Maaf belum bisa nge-handle kelas kalian dengan baik. Maafin kalau saya kurang tegas dan suaranya kecil selama mengajar (ini udah bawaan abisnya huhu). Saya minta maaf kalau sering maksa kalian perhatiin penjelasan saya waktu ngajar, itu juga demi kebaikan kalian juga kok. Maaf yaah buat semuanya yang udah saya lakuin ke kalian, sadar atau pun nggak.
Terus juga saya mau berterima kasih sama kalian untuk banyak hal yang terlalu banyak kalau disebutin. Terima kasih sudah mau bantuin saya kalau ada monitoring dengan jadi murid yang baik. Terima kasih buat semua pengalaman dan pelajaran yang kalian kasih ke saya secara nggak langsung. Terima kasih sudah menerima saya dengan baik sebagai guru kalian. Terima kasih sudah mau belajar sama saya meskipun di hari Sabtu sekolah lain kebanyakan libur, kalian tetep masuk. Terima kasih buat semuanya, yaaah.
Saya juga pasti bakalan kangen banget sama kelakuan kalian semua. Kangen dateng ke sekolah hari Sabtu buat ketemu kalian yang tadinya setiap Sabtu Cuma libur dan diem di rumah. Kangen jutekin kalian kalau berisik di kelas atau susah diatur. Kangen ramenya Uni, curhatannya Alisya, omelannya Melva wkwk, berisik dan isengnya anak AP 2 yang lain. Kangen kalau piket jagain kelas kalian meskipun kalian nggak ada yang mau duduk diem dan saya yang jadi capek sendiri, huft. Kangen monitoring di kelas kalian karena kalian berubah jadi anak baik-baik meskipun cuma satu jam. 
pas gue ujian yg dateng cuma segini, padahal udah gabung AP 1:(
Nanti, siapapun guru yang akan ngajar kalian, terima beliau dengan baik terlepas kalian suka atau nggak. Belajar lebih serius jangan terlalu banyak main-mainnya. Dikit lagi kalian kan praktek di hotel, coba pelan-pelan perbaikin kebiasaan kalian yang masih dirasa belum baik. Yang masih males-malesan, mulai dikurangi dari sekarang. Yang jarang masuk sekolah, lebih tanggung jawab lagi demi diri kalian sendiri. Yang udah rajin, ditingkatin lagi rajinnya jangan hilang semangat belajarnya. Masa depan kalian itu, kalian yang tentuin dari apa yang kalian lakukan hari ini. Mulai dipikirin apa yang harus kalian lakukan sekarang supaya cita-cita kalian bisa berhasil. Merci pour tous les affections, le temps, les expériences, et tout ce que vous me donnez. Je vous aime toujours fort! Difficile à dire mais………AU REVOIR!!!

Komentar