PKM Long Journey (Part 1)




XI AP 1 


Ini kelas pertama yang gue ajar. Pertama kali masuk, kesan yang gue dapet adalah….. seriously? Mereka cuma segini? Karena saat itu di kelas cuma ada kurang lebih 14 atau 15 anak. Sepi banget, coy! Padahal bayangan gue jumlah mereka nggak kurang dari 30 but… ok, it was good, then. Setelah gue tanya salah satu dari mereka ternyata masih ada beberapa anak yang “pending” naik kelas jadi mereka masih di kelas sepuluh. Gue nggak ngerti kenapa ada sistem “pending” segala, tapi itu udah kebijakan sekolah dan gue hanya harus ikutin sistem yang ada, kan? 

Masalah jumlah mereka udah beres, mulailah perkenalan dimulai dari gue sendiri sebagai guru yang mengajar lalu dilanjutkan dengan mereka menyebutkan nama masing-masing (en français, bien sûr!). Sejauh ini dari yang gue lihat, respon mereka baik-baik aja. Mereka menerima gue dengan baik. Antusias dengan apa yang gue ucapkan, meskipun masih ada beberapa siswa yang lebih milih tidur, but it was normal for me. Gue pernah jadi siswa juga, pernah dan bahkan sering melakukan hal yang sama hahaha dan gue memaklumi itu selama mereka nggak tidur waktu gue lagi jelasin pelajaran dan ngenganggu siswa yang lain. Sampai gue menayangkan video tentang serba-serbi negara prancis, beberapa anak yang tidur tadi mulai terbangun dan memerhatikan. Bahkan mereka tau hal-hal dan informasi dalam video tersebut sebelum gue jelasin lebih lanjut ke mereka. Such a good surprise!

Minggu-minggu berikutnya berjalan dengan baik, mereka termasuk yang lumayan cepat menangkap pelajaran yang gue jelasin. Walaupun (lagi-lagi) masih ada beberapa anak yang tidur di kelas, tapi gue coba untuk kasih mereka pertanyaan setelah bangunin mereka dari tidur nyenyaknya. Itu nggak mudah, jujur aja, gue orang yang paling nggak bisa marah ditambah dengan suara gue yang terbatas a.k.a kecil, hal-hal kayak gini yang bikin gue nggak mau ambil pusing ngurusin mereka yang lebih milih tidur dan tetap ngajar mereka yang masih antusias menyimak pelajaran seperti biasa. 

Sampai mereka yang “pending” tadi mulai masuk kelas ini dan ada sedikit perubahan saat pelajaran berlangsung. Kelas jadi lebih rame dan udah pasti berisik. Anak yang tadinya rajin merhatiin pelajaran, jadi lebih sering ngobrol. Mereka yang suka tidur di kelas punya teman baru yang juga ikutan tidur dan mereka yang suka ngobrol punya tambahan orang yang buat obrolan makin panjang. Tapi balik lagi, selama masih banyak yang lebih merhatiin pelajaran dibanding mereka yang tidur atau ngobrol, gue ngajar seperti biasa. Meskipun gue tau itu salah, but I really can’t handle it. Dan untungnya, mereka yang sering ngobrol masih bisa menjawab saat gue kasih pertanyaan seputar pelajaran. Dan mereka yang tidur masih ada usaha untuk bertanya ke yang lain saat mereka nggak bisa jawab pertanyaan yang gue kasih. I still appreciate them. Terlebih nilai-nilai harian dan ulangan mereka masih bisa bikin gue sedikit “bangga”. Thank you guys!

Ngomongin anak AP 1, nggak akan lengkap kalau nggak ngenalin mereka satu persatu menurut pandangan gue pribadi. Gue nggak setiap hari ketemu dan masuk ke kelas mereka, tapi berdasarkan pengamatan dan interaksi dengan mereka selama beberapa bulan terakhir, inilah yang gue tangkap dan kenali dari mereka. Here we go!

Abed, salah satu anak yang aktif di kelas. nilai-nilainya nggak pernah mengecewakan. Hobinya nyanyi apapun, dan suaranya memang bagus (rencana cover on écrit sur les murs gimana bed? Ditunggu loh!). dia sering banget isengin orang dengan manggil “sst! sssstt!” dan lewat gitu aja. Gue pun sering jadi korban kejahilannya “madmo! madmo fitra!” dan begitu gue nengok dia jalan dengan santainya. Ok, gpp bed. Abed ini salah satu alasan gue tetep semangat ngajar di kelas AP 1, karena gue nggak mau sia-siain waktu buat ngurusin mereka yang “cuek” sama pelajaran padahal masih banyak yang semangat datang ke sekolah buat bener-bener belajar. Merci ya, Abed. Bon courage!
tinggi banget sih, Bed?

Paskah, ini salah satu anak yang hobinya tidur! Sekalinya nggak tidur itu berarti dia ga masuk. Nggak pernah merhatiin pelajaran, tapi nilainya masih lumayan. Masih ada usaha jawab waktu di tanya dan mikir waktu dikasih soal. Dia jarang banget pake sepatu di lingkungan sekolah, mungkin pas upacara aja sepatunya digunakan dengan benar. Meskipun begitu, dia beberapa kali ditunjuk jadi komandan barisan waktu upacara/apel. Lumayan kan ya buat pencitraan? Hahaha. Hobinya selain tidur di kelas yaa ngeledekin orang. Harus tahan banting kalau udah diledekin sama dia, apalagi buat orang yang nggak bisa dibecandain, duuuh tiati ya! Lebih semangat belajarnya ya. Bon courage, Paskah!


Arnanda, cewek cantik yang sering ngobrol di kelas. but she’s smart, I know. Meskipun ngobrol, dia masih ngerti apa yang gue jelasin dan jawab setiap pertanyaan yang gue kasih. Nilai-nilainya juga terbilang bagus. Masih semangat ngikutin pelajaran dan suka menghidupkan suasana kelas dengan keramaiannya wkwk. Semangat belajarnya, Arnanda!

Erika, cewek imut yang selalu merhatiin pelajaran. Nilai-nilainya nggak pernah di bawah standar. Salah satu yang juga aktif di kelas dan selalu antusias, penyumbang suasana kelas supaya tetap hidup. Erika juga bagian dari mereka yang memang serius belajar di sekolah dan nggak macem-macem, makanya bikin guru seneng. Kalau  kemana-mana selalu berempat/berlima sama abed dll, dan hampir nggak pernah misah. Semangat belajarnya juga bagus. Bravo, Erika! Bon courage!

Felinus, yang selalu protes waktu gue panggil nama aslinya dan minta untuk dipanggil Felix (It’s okay). Awalnya gue kira ni anak pendiem, tapi pas udah kenal ternyata nggak se-pendiem itu. Beberapa kali tidur di kelas tapi untungnya masih rajin setiap dikasih tugas selalu ngumpulin. Kadang aktif kadang males-malesan, tergantung mood-nya dia. But I appreciate it. Tingkahnya kadang suka bikin ketawa sendiri tapi kadang suka bikin kesel juga haha. Lebih semangat lagi belajarnya, ya. Bon courage, Felix!

Masa’aro, salah satu yang paling aktif di kelas dan juga paling rajin. Selalu inisiatif duluan sebelum gue minta sesuatu (dalam hal apapun). Nilai-nilainya selalu memuaskan. Masa’aro ini yang sering bikin suasana belajar jadi rame. Selalu yang paling duluan ngajuin diri tiap diminta nulis atau jawab soal di papan tulis atau bahkan lisan. Dia jadi alasan gue juga semangat ngajar di kelas ini karena keaktifannya dan perannya membantu pelajaran tetap hidup. Merci ya, Masa’aro. Tapi akhir-akhir ini keliatannya lebih sering pacaran sama anak kelas sebelah, ya? Hayoo tetep fokus, Masa’aro! Jangan sampe keasikan trus pelajarannya dilupain dan ketinggalan sama yang lain. Tetep jadi Masa’aro yang dibanggakan guru-guru lain, yah. Bonne chance!

Alfisyar, yang punya kembaran nama dan bentuk di kelas 12 haha (maapin yak). Alfisyar ini salah satu yang sering ngobrol di kelas. Rada susah kalau di suruh nyatet, tapi kadang suka ikut jawabin pertanyaan. Kalau di kelas adaaa aja yang diomongin sama temen-temennya sampe gue sendiri bingung itu ngomongin apa aja nggak ada habisnya. Duduknya selalu di belakang, nggak pernah mau kalau suruh maju ke depan, heran. Lebih semangat belajarnya ya, Alfisyar. Bon courage!

Brama, ini termasuk kelompok yang sukanya tidur di kelas. Tapi ribetnya, mau tidur ataupun nggak, ni anak nggak pernah bisa kalau ditanya sesuatu. Bahkan setelah dibantuin sama temennya yang lain, tetep nggak mau usaha menjawab. Giliran disuruh nyatet lebih susah lagi. Setiap pertemuan alesannya selalu sama: nggak bawa buku catetan! Bikin kesel tapi yaa namanya murid pasti ada aja kan tingkahnya, jadi gue coba untuk memaklumi sebisanya aja meskipun sedikit ngerasa bersalah nggak bisa bikin dia mau belajar. Brama, coba dihilangkan malesnya! Sekolah jangan numpang duduk doang, minimal nyatet kalau di kelas ya biar ada kegiatan yang bermanfaat dikit wkwk. Catetannya jangan lupa dibawa. Semangat, yah!

Ibnu, yang nggak banyak omong dan nggak banyak tingkah di kelas. Rada bingung juga deskripsiinnya, dia jarang masuk pas kebetulan pelajaran gue huhu. Tapi gue tau Ibnu anak baik, nilai-nilainya juga masih tertolong dan masih punya semangat belajar. Bon courage, Ibnu!

Jalu, si ketua kelas baik hati yang juga nggak banyak tingkah. Lebih sering merhatiin pelajaran dibanding ngobrol atau tidur, meskipun sesekali dia juga suka tidur di kelas. Anaknya rajin ngerjain tugas dan selalu semangat nanya hal-hal baru tentang bahasa Prancis yang berkaitan sama tugas atau bahkan diluar tugas. Dia yang paling sering nyapa “bonjour!” kalau baru dateng. Jalu juga kadang perhatian bantuin ambilin perlengkapan buat belajar dan bawain barang-barang gue yang kadang terlalu banyak kalau abis ngajar. Merci ya, Jalu. Tetep fokus ke pelajaran, ya. Kesampingin sebentar cinta-cintaannya, kalau jodoh juga pasti dikasih jalan yang terbaik kok hahaha. Bonne chance!
ini sama Jalu tapi ngeblur:( (fotografernya siapasi? hmm)

Karel, yang awalnya rajin merhatiin jadi lebih sering ngobrol meskipun masih tetep merhatiin pelajaran. Nggak pernah macem-macem selama gue kenal dia (selain sering ngobrol di kelas). Salah satu yang lumayan cepet nangkep pelajaran dan dibuktikan dengan nilai-nilainya yang cenderung stabil dari awal. Waktu dikasih pertanyaan pun, dia selalu berusaha menjawab dengan benar. Semangat belajarnya masih bagus. Merci ya, Karel. Dikurangin ngobrol di kelasnya. Bon courage!

Noah, nah ini nih salah satu anak yang kalau liat kelas kayak liat kasur, bawaannya mau tidur terus! Jaraang banget merhatiin pelajaran tapi paling semangat kalau ada games. Lebih sering malesnya daripada rajin, padahal menurut guru-guru yang lain dia juga nggak kalah pinter dibanding yang lain kalau mau belajar serius dan dikurangi malesnya. Oh iya, semoga jadi sama yang itu, ya! hahaha. Semangat belajarnya, Noah! Dikurangi tidur di kelasnya, coba. Bonne chance!

Putri, salah satu yang juga punya semangat belajar bagus meskipun kadang suka nggak masuk sekolah. Selalu berusaha aktif di kelas dan merhatiin pelajaran dengan baik. makanya nilai-nilainya juga masih terbilang bagus. Dia juga yang kemana-mana sering bareng Erika, Abed dan yang lainnya. Anaknya baik, dia juga ramah dan yang kadang suka nyapa gue kalau lagi di meja piket sendiri huhu merci yaah. Bon courage, Putri!

Rizky, yang kadang suka gue jahilin dengan sering banget nanya ke dia dan ujung-ujungnya dia protes dengan celetukannya yang suka bikin ketawa, haha maaf ya. Nggak pernah jauh dari Karel dan kadang gue suka heran, dia merhatiin pas gue jelasin tapi pas ditanya kebingungan sendiri sampe akhirnya selalu Karel yang bantuin jawab. Jadi sebenernya kamu merhatiin apa pas saya lagi jelasin? Lebih fokus lagi ya belajarnya, jangan ngobrol melulu! Wkwk. Bon courage, Rizky!

Roffelo, anak yang sering dibilang “cool” sama adik kelasnya. Moody-an tapi sebenernya dia anak baik. Kalau mood lagi bagus, bakalan rajin ngerjain tugas dan merhatiin pelajaran meskipun banyakan diemnya dan jarang nyatet. Kalau lagi nggak mood, yaaaudah terserah dia. Tapi yang gue liat, akhir-akhir ini moodnya lagi bagus terus, sih. Asal dipertahankan aja, ya Roffelo! Jangan males-malesan. Semangat belajarnya!
Samuel, si hening yang jarang banget ngomong waktu pelajaran kecuali kalau disuruh ngomong. Padahal kemampuannya di atas temennya yang lain. Nilainya selalu di atas rata-rata, tapi giliran di suruh aktif di kelas responnya cuma senyum-senyum aja (bikin geregetan!). Anaknya baik dan nggak macem-macem.  Partnernya Abed kemana-mana, mirip gula sama semut. Dan kalau udah sama Abed dan yang lainnya, si hening ini jadi nggak hening lagi. Tapi sekarang dia jarang masuk sekolah dan kalau ditanya jawabnya senyum-senyum dulu baru ngomong itupun cuma satu kata, huft. Maafin ya Sam, suka digodain mulu kalau ketemu wkwk. Lebih aktif lagi kalau di kelas, ya! Jangan males-malesan lagi! Bonne chance, Samuel!
bareng Samuel (si hening) wkwk
Yunus, yang suka iseng ngegodain dan manggil-manggil kalau lagi lewat depan kelasnya. Kalau lagi semangat kadang suka rame sendiri di kelas, tapi kalau lagi males ya diem atau tidur. Beberapa kali tidur di kelas tapi untungnya masih rajin ngerjain tugas dan bisa ngejawab pertanyaan yang gue kasih. Sering banget kalau salim tangan nggak dilepas dan suka jahil narikin tangan tanpa ada maksud dan tujuan(?). Kalau lewat depan gue yang lagi duduk-duduk di koridor sering banget nunduk permisi tapi kebangetan banget nunduknya sampe ke bawah lutut wkwk. Semangat belajarnya ya, Yunus! Kurang-kurangin jahilnya, haha.
Ira, cewek imut yang selalu semangat kalau belajar. Anaknya ceriwis banget selalu nyapa kalau ketemu. Dulu suka protes bilang gue curang gara-gara nilainya di bawah Abed, padahal apa salahku(?) gue ngoreksi juga sudah benar tapi kayaknya emang iseng aja ya, Ra? Nilai-nilainya ini selalu balap-balapan sama Abed atau Samuel, bikin gue semangat ngajarin mereka. Ira juga sering banget kalau kemana-mana sama Abed-Erika-Samuel-Putri. Dia juga anaknya baik, suka menghidupkan suasana kelas waktu pelajaran dengan keaktifannya. Semangatnya nggak pernah berubah dari awal gue masuk ke kelas ini. Merci ya, Ira. Bon courage!
Dari sekian banyak sifat mereka itu, beruntung banget bisa kenal mereka dengan berbagai macem karakter. Mungkin orang-orang taunya gue mengajar mereka, padahal sebenernya gue yang lebih banyak belajar dari mereka tentang banyak hal seiring gue mengenal mereka satu persatu. Meskipun kadang mereka ngeselin, susah diatur, seenaknya sendiri, tapi makin kesini gue ngerti kalau memang itu yang buat gue inget terus sama mereka. Mungkin kalau mereka jadi anak baik-baik, penurut, nggak banyak tingkah, gue nggak akan inget mereka dengan sedetail ini. Terlepas dari semua itu, gue tau mereka semua anak yang baik dengan caranya masing-masing. 
Ira sama Erika ngetawain gue apa gimana sik?

Untuk kalian anak AP 1, saya minta maaf kalau selama ngajar kalian banyak kesalahan yang saya buat sama kalian. Maaf belum bisa sepenuhnya bikin kalian semua mengerti pelajaran yang saya jelasin. Maaf belum bisa jadi guru yang baik buat kalian, belum bisa jadi guru yang kalian sukai, belum bisa jadi guru yang sesuai kemauan kalian. Maaf semaaf-maafnya kalau sering cerewetin kalian, ngeledekin kalian yang macem-macem (hehehe), dan buat semua kesalahan yang udah saya lakuin ke kalian selama beberapa bulan ini. Maaf juga belum berhasil bikin kalian semua tertarik belajar sama saya.
Dan juga terima kasih sudah nerima saya dengan baik selama ini. Terima kasih sudah mau belajar sama saya (meskipun mungkin kadang terpaksa) itu udah lebih dari cukup. Terima kasih atas perlakuan baik kalian ke saya di dalam atau di luar kelas. Terima kasih sudah jadi murid yang baik. Terima kasih atas nilai-nilai kalian yang sebenernya di luar ekspektasi saya terhadap kalian. Terima kasih buat semua pelajaran tentang segala hal yang kalian ajarkan kepada saya secara tidak langsung selama beberapa bulan ini.
Setelah ini pasti bakalan kangen sama kalian. Kangen setiap senin pagi ikut kalian upacara, ketemu sama kalian di kelas. Kangen belajar sama kalian. Kangen aktifnya Masa’aro, Abed, Ira, Erika, dan lainnya. Kangen denger kalian minta nonton film atau dengerin lagu. Kangen bangunin kalian yang suka tidur di kelas atau bawelin kalian yang sering ngobrol. Kangen ngeledekin kalian kalau ketemu di luar kelas.
Terakhir, pesan buat kalian semangat terus belajarnya. Jangan males-malesan. Siapapun yang jadi guru kalian, hargai mereka. Terima mereka dengan baik walaupun kalian nggak suka. Tunjukkan kalau kalian nggak seburuk yang dipikirkan orang lain. Lebih fokus lagi kalau belajar: yang suka tidur coba dikurangi tidurnya diperbanyak belajarnya, yang suka ngobrol dikurangi ngobrolnya diperbanyak perhatiin pelajarannya, yang sudah rajin dipertahankan prestasinya. Kejar apapun yang jadi impian kalian, jangan menyerah sebelum kalian mencoba. 
terlihat seumuran, kan? eheheheheh

vous me manquerez, mes enfants!

Je vous remercie de me donner beaucoup de souvenirs, d’affections, et d’expériences. Je vous aime fort! Merci et Au Revoir!!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKM Long Journey (Part 2)

Satu Kata Cinta

Masjid dan Kamu (Part 1)