PKM Long Journey (Part 3)




PKM, salah satu kegiatan wajib yang harus dilewati para mahasiswa jurusan pendidikan sebagai wadah mereka untuk melatih kemampuan mengajar sebelum terjun menjadi guru sesungguhnya. Dari awal gue selalu berharap ditempatkan di sekolah yang sejalur sama arah rumah dan kampus, karena males aja kalau harus lewatin jalur yang beda arah antara sekolah dan kampus disaat rumah gue aja jauhnya bikin pusing. Lelah, cuy! Makanya berharap banget dapet sekolah yang bener-bener nggak nyusahin letaknya. Tapi begitu diumumin pembagian sekolah, gue yang kayak… santa lucia dimana ya? karena yaaah beneran gatau jalan sama sekali wkwk. Gue tanya yang lain mereka cuma bilang, “yaelah deket banget itu, jalan kaki juga bisa.” Oke, setidaknya untuk lokasi udah aman. Lanjut tentang kelompok, haduuu gue nggak tau kurang beruntung apalagi bisa sekelompok sama dua orang ini. Yang satu emang partner in crime gue (Ticka), satunya lagi (Kak Denada) senior yang kayak bukan senior wkwk (ampun bunda!). Intinya nggak perlu lagi mikirin harus adaptasi gimana sama mereka, karena gue termasuk orang yang susaaah banget akrab sama orang meskipun udah saling kenal lama. Jadi yaaa gue sangat amat beruntung sekelompok sama mereka berdua, serius ini nggak boong.
Nah, setelah pembagian tempat dan kelompok PKM itu, kelompok yang lain sibuk hubungin dospem buat tanya kapan harus ke sekolah. Sedangkan kelompok sibuk mikirin kapan dospem kita balik dari luar kota dan tanya jadwal buat dianter ke sekolah. Akhirnya setelah hubungin dospem yang sebenernya belum jelas bisa ditemuin kapan, kita pulang. Besoknya, gue mikir Madame baru bisa ketemu kita besok, jadi gue santai aja dong di rumah menikmati libur sampe si Tika yang emang dari awal bertugas hubungin Madame bilang kalau beliau mau ketemu hari itu juga jam setengah dua! Itu panik banget, serius. Waktu itu udah hampir jam setengah 12, gue belum mandi dan segala macem dan harus udah di kampus jam setengah dua. Sedangkan dari rumah gue ke kampus itu bisa dua jam lebih kalau lagi sial huhu mau nangis. Akhirnya dengan segala perjuangan gue buat ke kampus tepat waktu, Tika sama gue (minus Kak Denada yang lagi pulang ke Bogor) ketemu Madame dan ngomongin kapan bisa ke sekolah buat ngurus segala macemnya.
Singkat cerita, masa-masa PKM yang sesungguhnya dimulai. Ketemu sama banyak orang baru di sekolah, adaptasi sama lingkungan baru, sama guru-guru dan murid, nyiapin bahan ajar dan segala macem. Agak beban juga memang, tapi ini menyenangkan. Bersyukur banget dapet sekolah yang kepala sekolah, guru-guru, dan staf beserta orang-orang yang ngurus sekolah ini beneran ramah dan terbuka banget nerima kita sebagai mahasiswa PKM. Nggak ada sama sekali rasa dibedain karena kita bukan guru beneran di sana, kita bener-bener dianggap seperti guru-guru yang lain: gabung obrolan mereka, berbagi makanan, sharing-sharing segala macem, semuanya kita dapet di sana. Salah satu keberuntungan yang mungkin nggak akan kita dapetin kalau ditempatin di sekolah lain. Kenal sama salah satu kepala sekolah terbaik yang pernah gue tau: Pak Sukiyar. Kepala sekolah berhati malaikat yang nggak pernah marah dan nggak ragu ngelakuin hal apapun buat sekolah tanpa mikirin statusnya yang kepala sekolah. Kapan lagi bisa kenal kepala sekolah yang mau benerin pintu toilet yang rusak, beli gallon air dan gas kalau persediaan habis, nggak pernah marah sama murid padahal sering banget dikerjain kayak: motornya disembunyiin sama murid, dikatain pake tulisan di dinding toilet (dan alih-alih marah atau hukum murid yang bersangkutan, malah ngecat ulang dindingnya sendirian huhu), motornya diutak-atik murid sampe mogok di tengah jalan, dan segala kenakalan siswa lainnya yang kadang suka di luar batas. Beliau emang ngomel sama murid-murid itu tapi cuma sekadar nasihatin tanpa bener-bener marah sama mereka, dan begitu balik ke ruang guru beliau nyeritain ulang kadang sambil ketawa atau geleng-geleng kepala tanpa ada rasa kesel sedikit pun. Beliau salah satu orang yang sangat paham gimana kondisi para murid nakal tadi di luar sekolah, makanya alih-alih marah karena kelakuan mereka beliau malah merasa kasihan. Ya ampun, gue beneran ngefans banget sama Pak Sukiyar. Terlalu banyak kebaikan beliau yang nggak bisa diceritain di sini. Sehat-sehat terus ya, Pak.
Selain itu, keberuntungan lain yang kita bertiga juga dapet yaitu guru pamong yang super baik luar biasa: Pak Sigit. Beliau yang dari awal nerima kita dengan tangan terbuka, nggak pernah menganggap dirinya lebih segalanya dari kita bertiga dengan statusnya sebagai guru pamong, selalu ngingetin kita apa yang baik dan nggak seharusnya dilakukan waktu ngajar tanpa bermaksud menggurui sama sekali. Guru pamong terbaik yang pembawaannya bisa buat kita bertiga cepet akrab dengan beliau, bahkan bisa saling bercanda layaknya temen. Beliau ngajarin sekaligus nasihatin banyak banget hal tentang dunia mengajar yang bener-bener baru buat kita bertiga tanpa pernah mau dianggap paling benar dan selalu bilang kalau apa yang beliau lakuin sekadar sharing karena kebetulan beliau lebih dulu jadi guru dan punya pengalaman yang lebih beragam dari kita. Beliau juga selalu memperlakukan kita bertiga dengan sangat baik, nggak pernah meminta apalagi menyuruh dalam hal apapun, bahkan nggak pernah mau ngerepotin sekalipun kita bertiga udah menawarkan diri untuk bantu-bantu. Bahkan waktu perpisahan beliau sama sekali nggak mau memberatkan kita dengan ngelarang beli apapun buat sekolah. Kurang beruntung apalagi coba? Dari hal-hal yang udah disebutin tadi sebenernya masih banyak banget kebaikan Pak Sigit buat kita bertiga yang bener-bener memudahkan kita selama PKM. Terima kasih banyak ya, Pak. Maafin kita belum bisa bales semua kebaikan Bapak selama ini. Semoga Bapak selalu sehat, selalu dilimpahi kebaikan dan kebahagiaan, senantiasa jadi guru terbaik di manapun, dan inget terus sama kita bertiga hehe. Sampai ketemu lagi ya, Pak.
foto pertama bareng Pak Sigit neeh
yang ini setelah nobar yang akhirnya terlaksana, yeay!
Nah, setelah bahas kepala sekolah dan guru pamong yang sama-sama luar biasa, guru-guru di Santa Lucia juga sangat amat baik sama kita bertiga. Pak Bayu, yang selalu bantuin dan bimbing kita dalam menghadapi siswa, yang udah anggap kita kayak anaknya sendiri. Bu Puji, yang selalu nemenin kita selama PKM, terutama waktu piket. Selalu ngajakin ngobrol dan ceritain apapun pengalaman beliau dan keluarganya. Pak Rasim, guru yang ramah banget sama kita dan murah senyum, cerita dan ngobrolin apapun disaat kita gabut waktu piket sendirian. Pak Sugirno, yang dari awal selalu anggap kita cucunya, guru yang baik banget dan selalu antusias ceritain cucunya yang masih kecil dan lucu. Bu Fany dan Bu Fegga, yang ramah banget dari pertama kenal, dan yang banyak bantuin kita selama PKM. Bu Tri, senior yang ternyata udah jadi guru di Santa Lucia, yang juga banyak bantuin kita bertiga waktu ngajar ataupun bikin RPP dan soal-soal ulangan. Bu Evi, guru paling ceriwis yang dari awal kenal udah kayak temen sendiri, yang kalau udah ketemu ngomongin apa aja bahkan curhat bareng sama kita bertiga. Bu Nisa dan Bu Prayati, guru yang juga baik banget sama kita bertiga selama PKM di Santa Lucia, dan banyak bantu juga terutama waktu awal-awal kita piket yang belum ngerti apa-apa. Pak Irvan, yang juga banyak sharing sama kita tentang dunia guru dan segala macemnya. Argentik, Agusman, dan Farel, trio guru olahraga yang sangat baik udah kayak temen sendiri dan kadang suka ketemu juga di kampus. Pak Fujiya, Pak Nur, Pak Yanto, Pak Rudi, yang udah nerima kita dengan baik selama di sana. Teteh dan Mas Teguh, penjaga kantin yang super ramah dan selalu nyediain makanan yang enak-enak dan nggak pernah mengecewakan (aduuh, kangen jajanan Teteh). Dan buat semuanya yang sudah membantu kita selama PKM. Terima kasih banyak banyak udah dengan senang hati nerima kita selama beberapa bulan kemarin. Kita bertiga juga minta maaf kalau selama PKM sering ngelakuin kesalahan secara sadar ataupun nggak. Terima kasih buat pengalamannya dan membuat kita merasa punya keluarga baru, semuanya menyenangkan.
*dari kiri* Pak Bayu-Bu Fegga-Bu Puji-Bu Prayati-Bu Nisa-Tika-Aku-Kak Den-Pak Yanto-and our beloved Pak Sukiyar
bareng Kak Tri di siang hari yang sangat cerah alias panas bet cuy
Aaaand, how lucky I am bisa dapet kelompok yang super duper menyenangkan. Alhamdulillah banget selama PKM bareng mereka nggak pernah bermasalah satu sama lain. Dari awal kita emang udah sepakat buat selalu saling bantu dalam kondisi apapun, saling ngingetin dalam hal apapun, dan saling mengisi saat dibutuhkan kapanpun. Gue udah bilang kalau gue orang yang susaah banget akrab sama orang baru, jangankan orang baru deh, temen yang udah lama kenal aja belum tentu gue bisa akrab ngomong ceplas ceplos pas lagi kebetulan berdua. Nah makanya, sekelompok sama mereka itu memudahkan segala hal. Tika, dari sebelum PKM dia emang partner curhat gue, partner jalan, nulis, sampe dibilang kembar sama orang-orang jadi yaaa gue udah tau banget kelakuan dia wkwk. Kak Denada a.k.a Bunda, meskipun nggak sedeket Tika, Kak Den udah sering sekelas bareng gue, diospek juga sama dia, dan dulu yang gue tau dia orangnya gampang akrab kok sama orang lain, rame, suka ngelawak macem-macem, yaaa setidaknya gue nggak harus adaptasi lagi sama Bunda karena udah kenal juga dan lumayan nyambung sama gue (apalagi recehnya hahaha).
saking totalitasnya mau nonton megalodon, kita sampai harus kembali ke zaman purba. bisa dilihat dari dinosaurus di belakang
Banyak banget hal-hal penting sampe nggak penting sama sekali yang kita alamin bertiga. Kayak waktu pertama kali dateng ke sekolah, jadi kita janjian sama Madame langsung ketemu di sekolah sekitar jam delapan pagi. Lalu sampailah kita di sekolah dan kabarin Madame yang ternyata masih di jalan. Karena malu mau langsung masuk, kita nunggu di halte depan sambil ngobrol segala macem dengan harapan bisa masuk bareng Madame nanti. Nggak tau udah berapa lama duduk di halte, udah asik selfie sok cantik, tiba-tiba aja Madame ngabarin udah di dalem sekolah. Bingung lah kita itu Madame kapan dateng tau-tau udah masuk aja. Ujung-ujungnya kita tetep aja masuk bertiga tanpa Madame dan malah lebih malu:’).
foto bertiga pertama kita di halte saat menunggu Madame:)
Tapi setelah dipikir-pikir, daripada hal penting kita lebih sering ngalamin hal-hal yang absurd cenderung bodoh, untung sayang banget sama mereka. Waktu itu kita bertiga lagi seru ngobrol di ruang guru tiba-tiba aja Kak Den nyamperin Pak Sigit minjem korek. Tika sama gue dengan polosnya mikir, ni Kak Den mau ngerokok apa gimanasi tau-tau minjem korek. Tapi dengan otak kreatifnya dia ngambil piring isi donat yang tadi kita bawa buat nyediain Madame abis monitoring sambil nyalain korek dan nyanyi happy birthday depan muka gue yang emang kemarinnya abis ulang tahun, gue yang antara speechless, bingung, tapi otak masih loading mikir, mau gamau ngakak juga digituin (sayang kalian pokoknyaa!).
perkumpulan chibi uwu~
Terus juga insiden tandatangan di sekretariat PPL, kita emang salah juga sih dari awal nggak ngecek detail dokumen-dokumen yang dibutuhin. Nah dengan santainya dateng lah ke sekretariat mau nyerahin absen dosen buat ngambil berita acara, dan….format yang kita pake salah, gengs… Sialnya, pas banget kita dilayanin sama petugas yang ngeselin parah. Marah deh tuh si bapak sama kita bertiga, untung ada ibu malaikat yang nenangin dan ngusulin tulis tangan aja format yang kurang itu. Selesai masalah pertama, masalah kedua muncul. Jadi si bapak minta perwakilan kita buat tandatangan gitu di daftar nama kelompok dan Tika langsung ngajuin diri. Karena takut salah,  Tika nanya ttd di sebelah mana LHAA SI BAPAK NGEGAS DONG, intinya dia jawab ttd di situ gitulah nggak jelas juga. Yaudah si Tika ttd deh tuh, eh ternyata salah lagi guys!!! Jadi di lembar itu ada kolom dan kita juga mikirnya ya itu buat tempat ttd, tapiiii si bapak kumis itu bilang masih dengan nada ngegas (gue lupa gimana persisnya) “di sini aja tadi mah kan kosong ini lebih lega” which means di bagian kosong samping kolom (laah ya wajar dong bingung itu kolom buat apaan ada disitu hey halooo?!) Tika masih dengan tampang polos campur bingung cuma ngejawab “oh iya ya pak” dengan backsound suara si bapak lagi ngedumel nyebelin. Gue sama Kak Den ngapain? Kita diem aja berusaha nahan tawa dengan pura-pura merhatiin ocehan si bapak kumis sambil nunduk nggak mau liat mukanya yang nanti malah akan bikin hancur pertahanan. Pas keluar ruangan, Kak Den sama gue yang udah nggak tahan mau ngakak langsung lari ngejauhin ruangan itu biar nggak kedengeran. Tika yang keluar belakangan ngikutin menjauh juga dengan ketawa kecil pake muka bingungnya sambil ngeliatin gue sama Kak Den yang lagi ngakak sampe jongkok di depan lift…
kembaranquuuu❤
my beloved boonda❤️
Masih banyak lagi sebenernya hal-hal absurd yang kita alamin selama PKM, yang sebagian besar disebabkan oleh gue dan Kak Den sedangkan Tika, gue nggak ngerti lagi kenapa dia kadang suka nggak nyambung kalau Kak Den sama gue lagi ngetawain sesuatu, huh. Hampir tiap kita bertiga ketemu pasti adaaa aja yang jadi bahan tertawaan. Pernah waktu itu ada anak kecil yang masuk alfamart pake sepatu roda trus ngeliatin dia keribetan sendiri pas mau buka pintu keluar sedangkan temennya santai aja ngeliatin nggak bantuin sama sekali dan kita cuma bisa ngakak, pernah juga seenaknya buka pintu toilet di Arion yang ternyata ada orangnya trus dia marah-marah dari dalem dan pas keluar dia kesel sambil banting pintu, atau pernah saking kelaperan kita dengan bodohnya beli tahu bulat sama cireng keras di depan sekolah, Kak Den yang mau langsung pulang ke Bogor bawa itu makanan ke halte sambil nunggu APTB daan karena itu cireng kerasnya naudzubillah Kak Den yang lagi susah payah gigit cireng sampe ditanya sama bapak-bapak lagi makan apaan eeeh malah dia nawarin ke bapaknya yang langsung ditolak.
the power of Arya...
Makanya gue kadang bingung kita kenapa selalu kompak dalam hal kebodohan sedangkan buat sesuatu yang serius pasti adaa aja hambatannya, yang lupa ini lah, salah itu lah, nggak ngerti lah, beda pemahaman lah, sampe gaptek bersama pun sering, nggak pernah kompak pokoknya kalau buat urusan yang penting. Di luar itu semua, Alhamdulillah disaat kelompok PKM yang di sekolah lain sibuk ngeluh bermasalah sama partner kelompoknya, kita bertiga selalu akur bagaikan kurcaci snow white dan malah sibuk gibahin hal yang tentu saja tidak bermutu. Emang nggak pernah ada masalah sama sekali pas PKM? Masalah ya ada pasti. Banyak malah. Hari pertama gue ngajar aja udah ada masalah tuh (baca part 2) dan yang lain juga begitu. Mulai dari deg-degan tiap mau masuk kelas, diliat guru lain kalau pas ngajar belum bisa nguasain kelas, panas dingin sampe mules tiap mau monitoring, atau masalah berat lainnya yang tidak boleh disebutkan wkwk. Tapi dari beberapa masalah yang ada, sebagian besar masalah yang kita hadapi itu bersumber pada akar yang sama, penyebab yang sama, dan jenis yang nggak beda jauh. Mungkin emang kita dikasih ujian yang agak beda dari yang lain, namanya juga hidup kalau lurus-lurus aja nggak akan seru. Di depan emang kita bertiga keliatan nurut-nurut aja, santai ketawa-tawa, tapi kalau udah di belakang ya beda laaah makian dan hujatan sudah pasti kita keluarkan.
aku terhimpit!!! tolonglah jangan terlalu semangat gituu
Selesai PKM, kita udah jarang banget ngumpul bertiga. Udah jarang ketemu Bunda (kalau Tika mah yaelah, nggak ketemu gue sehari juga langsung chat bilang kangen wakakak). Eh tanpa diduga, Bunda suatu hari membawa kabar gembira kayak iklan mastin. Huhuhu seneng banget dengernya. Sukses ya, bun. Tersisa gue dan Tika yang masih menanti giliran selanjutnya, hwaiting!!! Pasti bakalan kangen banget masa-masa PKM bareng mereka. Kangen kemana-mana bertiga, pusing bareng waktu bikin RPP, ngumpul di kosan Kak Den sampe ngeganggu Kak Ade yang lagi skripsian (hehe maapin kita ya, salam sayang buat Kak Ade yang udah mau sidang), rebutan laptop buat nonton film, nongkrong di kfc berjam-jam, ngeledekin anak-anak di koridor, ceng-cengan bareng Pak Sigit, auto kepo dan nyimak tiap ada hotnews, curhat-curhatan bareng apalagi kalau Bunda sudah bersabda yang bisa jadi bikin tambah galau dan kepikiran atau malah dapet pencerahan, nangis-nangisan bareng karena nggak mau pisah, daaan masih banyak lagi kangen-kangen yang lainnya.
maap ya, mata aku lagi fokus ke anak yang abis beli es teh manis:(


Teruuuus, aku mau ngucapin terima kasih buat kalian: Tika dan Kak Den. Makasih ya kita udah bisa kerja sama dengan sangat baik selama PKM dan jadi tim yang luar biasa wkwk, makasih udah saling ngisi satu sama lain tanpa ngeluh, udah saling bantu kalau ada kekurangan atau kesalahan bahkan saat ada masalah sekalipun, untuk bisa ngimbangin aku yang kadang suka labil, nyebelin, nyusahin, lemah, lola, suka ngegas, ngereceh, egois, moody-an, dan segala macemnya hehe, makasih karena kalian aku jadi sering pulang malem, ihiy! Merci merci merci merci merci plus de mille fois! Kalau bukan sama kalian, ceritanya mungkin nggak akan sepanjang dan sereceh ini. Aku sayang banget sama kalian.
Kompak terus yaah geng kurcacikuu semoga kita selalu dilimpahi kebahagiaan dan bisa lulus tepat pada waktunya, aamiin. JE VOUS KIFFE TOUJOURS!!!❤❤❤
Ps: untuk yang sudah sangat ikhlas dan senang hati meluangkan waktunya baca ini sampai selesai, I love youuu!❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKM Long Journey (Part 2)